photo cls5_2.jpg  photo frd.jpg  photo ABE1.jpg

Jenis Murai Batu

Burung murai batu merupakan burung yang memiliki beberapa jenis. Dimana jenis burung murai batu ditentukan oleh dari mana burung tersebut berasal. Bentuk fisik murai batu dan kwalitas suara
burung muarai batu dari masing-masing daerah juga berbeda walupun memiliki bentuk dasar dan suara dasar yang agak sama. Sebagian besar murai batu yang dipelihara orang indonesia berasal dari sumatra, kalimantan dan jawa. Berikut jenis-jenis burung murai batu:

  • Murai Batu Medan.  Memiliki ciri-ciri ekor panjang 27-30 cm  dan lentur, kwalitas suara sangat bagus dan panjang, variasi suara sangat banyak.
  • Murai Batu Lampung. Memiliki ciri-ciri lebih besar dari murai batu medan, panjang ekor 15-20 cm, kwalitas suara hampir sama dengan murai batu medan.
  • Murai Batu Aceh. Memiliki ciri-ciri ekor panjang 25-30 cm, memiliki kwalitas suara yang sangat bagus hampir sama dengan murai batu medan.
  • Murai Batu Borneo. Panjang ekor 10-18 cm, kwalitas suara juga lumayan bagus tetapi memiliki nafas yang kurang panjang.
  • Murai Batu Nias. Panjang ekor 20-25 cm, warna ekor hitam semua, kwalitas suara lumayan bagus.
Kwalitas suara dari burung murai batu juga dipengaruhi oleh cara perawatan dari burung tersebut. Perawatan burung yang asal-asalan bisa berakibat kwalitas suara burung murai batu menjadi kurang bagus.