photo cls5_2.jpg  photo frd.jpg  photo ABE1.jpg

Murai Batu Nias

Murai Batu Nias - Merupakan murai endemik yang menjadi salah satu maskot burung kicau asli pulau Nias. Muarai batu nias terkenal memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan murai
batu jenis lainya, sehingga memiliki daya tangkap yang lebih bagus untuk menirukan kicauan burung lain yang ingin dimasukkan sebagai isian. Murai batu nias juga memiliki mental yang lebih baik dibanding murai batu jenis lanya. Perawatan murai batu nias hampir sama dengan murai batu jenis lainya, dan yang paling utama adalah pola makan yang teratur dan terjadwal. Pemberian makan murai batu nias harus konsisten dan tepat waktu sesuai jam pemberian makan yang sudah menjadi kebiasanya. Disamping pola makan yang teratur kebersihan kandang harus selalu dijaga, kandang harus dibersihkan setiap hari. Juga kebersihan fisik dari burung itu sendiri merupakan faktor penting untuk meningkatkan kwalitas dari murai batu nias. Kebersihan fisik bisa dilakukan dengan memandikan burung tersebut setiap hari dan lakukan penjemuran setelah burung dimandikan. Dengan perawatan yang yang maksimal dimungkingkan murai batu nias memilki kwalitas yang sangat bagus sehingga bisa meningkatkan harga jual burung murai batu nias tersebut. Ciri fisik dari burung murai batu nias adalah:

  • Panjang ekor 17 - 20 cm. 
  • Ekor berwarna hitam semua, tanpa ada bulu putih pada ekor bagian bawah.
  • Jarak antara ekor terakhir dengan ekor yang ada di atasnya sangat jauh
Karena keunggulanya Murai batu nias sudah banyak ditangkarkan diberbagai daerah yang merupakan peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. Dengan penangkaran juga akan menghindari populasi burung murai batu nias dari kepunahan. Sehingga keanekaragaman satwa indonesia tetap terjaga keutuhanya.